Yuk Mengenal Teknik Elektro Tel-U

TENTANG JURUSANKU

Logo Keluarga Mahasiswa Teknik Elektro
Sebelumnya aku udah jelasin kan sedikit tentang teknik elektro di telkom university itu seperti apa dan apa- apa saja yang didapat dari teknik elektro di telkom university itu sendiri bila kita memilihnya, nah disisi akan aku bahas lagi dah bagi yang belum nyimak atau belum baca artikel sebelumnya, hehehehe.

Program Studi S1 Teknik Elektro Universitas Telkom terakreditasi dengan peringkat A berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 2249/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2016 berlaku hingga  tanggal 13 Oktober 2021. (selengkapnya dapat dicek di sini). Prodi S1 Teknik Elektro dirancang dengan total beban 144 sks/8 semester. Namun bagi kalian yang ingin cepat lulus, dan memiliki otak yang cemerlang, kalian dapat merencanakan lulus paling cepat 3.5 tahun/7 semester.

Salah satu gedung Perkuliahan S1 Teknik Elektro
  • Apa yang dipelajari di Teknik Elektro Universitas Telkom?
Program Studi (prodi) S1 Teknik Elektro memiliki tiga konsentrasi yaitu teknik elektronika, teknik kendali/sistem kontrol, dan teknik biomedis. Ketiga konstetrasi tersebut akan di dalami mahasiswa teknik elektro saat berkuliah di tahun ketiga. Teknik elektronika mempelajari tentang komponen elektronika, elektronika analog, elektronika digital, dll. Teknik kendali atau sistem kontrol membahas tentang perancangan kendali perangkat elektrik, robotik, sistem otomatisasi industri, dan lain-lain. Sedangkan teknik biomedis mempelajari tentang perancangan sistem biomedis, pengukuran biomedis, intrumentasi biomedis, dll. 

  • Seperti apa kuliah di Teknik Elektro Universitas Telkom?
Pada umumnya kehidupan kuliah di Teknik Elektro tidak jauh berbeda dengan kehidupan kuliah di jurusan teknik lain nya, yaitu kuliah, praktikum, mentoring, dan lain lain. Kamu juga bisa menjadi mahasiswa kupu-kupu (kuliah-pulang-kuliah-pulang), mahasiswa kura-kura (kuliah-rapat-kuliah-rapat), atau bahkan kunang-kunang (kuliah-nangkring-kuliah-nangkring) bebas sebebas-bebas nya!

Namun, bagi kalian yang tertarik dengan dunia akademis, riset, atau ingin memperdalam pengetahuan tentang dunia kelektroteknikan, kampus-dalam hal ini prodi-telah menyediakan berbagai fasilitas berupa laboratorium. Berikut ini beberapa laboratorium yang dinaungi oleh prodi S1 Teknik Elektro melalui kelompok keahlian Sistem Elektronika : Information and Automation Control System (INACOS), Biomedical Signal Processing and Instrumentation (BioSPIN), Electronics and Industrial Automation (ELITIA), Perancang Sistem Elektronika (PSE), Dasar Sistem Kontrol, Elektronika, dll. (Selengkapnya : Laboratorium Praktikum Fakultas Teknik Elektro)

Sedangkan, bagi kalian yang sudah ‘mumet’ dengan tugas kuliah yang datang tiada henti, praktikum yang njelimet, dan ingin refreshing dengan kegiatan yang jauh dari nuansa akademik, kalian dapat bergabung dengan Keluarga Mahasiswa Teknik Elektro (KMTE). KMTE aktif menyelenggarakan acara tahunan Blue Techno Festival. Terdapat juga kegiatan Engineering Service Community (ESC), dan Engineering Service Learning (ESL) yang merupakan kegiatan pengabdian masyarakat.

  • Apa saja prospek pekerjaan lulusan Teknik Elektro Universitas Telkom?

Seperti yang kita ketahui dewasa ini hampir semua kegiatan manusia bergantung kepada teknologi kelistrikan. Maka Teknik Elektro merupakan bidang yang akan sangat dibutuhkan. Lulusan prodi S1 Teknik Elektro Universitas Telkom dapat bekerja sebagai teknisi SCADA, intrumentasi untuk oil & gas, instrumentasi biomedika, teknisi sistem persinyalan kereta api, teknisi sistem kendali pesawat terbang, desainer PCB, desainer IC, peneliti pada lembaga penelitian, dosen perguruan tinggi, technopreneur dan masih banyak lagi.

Wow Sungguh menarik bukan? Nah bagi kalian ni , terutama adek-adek SMA SMK yang lagi mau cari kuliah , rekomendasi banget ni teknik elektronya di telkom university, bagi kalian yang suka IT dan pemrograman masuk aja sob di sini , nggak mengecewakan deh pokoknya.

Yah sekian penjabaran aku tentang jurusanku sendiri, moga-moga bermanfaat ya , sampai jumpa di postingan berikutnya.

Komentar

Postingan Populer